HAL-HAL YANG PERLU KAMU TAHU TENTANG CLOUD COMPUTING

Ketika kita berbicara tentang cloud computing, pasti langsung terbesit di kepala kita layanan seperti AWS dan Microsoft Azure. Tapi, troopers tahu gak sih gimana cloud computing ini bekerja di balik layar?

Mari kita bongkar dan pelajari cara kerja yang membuat teknologi ini begitu luar biasa!

Apa sih Cloud Computing itu?

Cloud Computing merujuk pada berbagai layanan yang menggunakan jaringan internet untuk penyampaiannya. Layanan tersebut mencakup server, database, software, dan berbagai fungsi komputer yang dapat dioperasikan melalui cloud. Sederhananya, cloud computing adalah model penyimpanan dan pemrosesan data yang menggunakan jaringan internet.

Bagaimana cloud mengelola data?

Data pada cloud dikelola dengan penyimpanan terpusat yang dimiliki oleh penyedia layanan. Kemudian data tersebut dipecah dan diproses oleh beberapa server sehingga dapat lebih cepat dan efisien. Dengan adanya teknologi virtualisasi, satu server fisik dapat menjalankan beberapa mesin virtual sehingga sumber daya dapat dimanfaatkan sepenuhnya.

Peran cloud computing pada data science

 

1. Big Data Analytics

     Dengan menggunakan cloud, kebutuhan akan infrastruktur perangkat keras yang rumit dan mahal dapat dikurangi atau bahkan dihilangkan sehingga proses pengumpulan dan analisis data tidak memerlukan sumber daya yang terlalu besar.


2. Scalability
Cloud memungkinkan kita untuk dengan mudah menyesuaikan kapasitas sumber data untuk penyimpanan dan pemrosesan sesuai kebutuhan.

3. Data Security

Pembaruan keamanan dan enkripsi data terpusat yang dimiliki oleh penyedia layanan cloud memberikan tingkat keamanan yang tinggi sehingga dapat terhindar dari kebocoran data maupun serangan siber.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *